KATEGORI BERITA:


bisnis 1

Ya…, Pasti banyak yang tidak setuju dengan penggunaan istilah “Gunung” yang melekat pada Mangkol.
Bisa dimaklumi, karena Mangkol hanya memiliki ketinggian 391 mdpl, jauh dibawah kriteria Encyclop├Ždia Britannica*  yang mendefinisikan Gunung apabila memiliki ketinggian setidaknya 2000ft (±610m).
Namun, disumber lain ada yang mengatakan bahwa bisa dikatakan gunung apabila masih aktif atau setidaknya (dulu) pernah aktif.
Dan pada peta-peta Bangka terdahulu yang dibuat oleh Belanda, Mangkol selalu ditulis dengan istilah “Gunung”.
Kita tidak pernah tahu apakah selama 350 tahun Belanda berkuasa atas Indonesia, atau mungkin jauh sebelumnya Mangkol pernah aktif?
Hanya saja, yang bisa menjadi catatan kita adalah, bahwa di Bangka ada beberapa tempat yang bisa ditemukan sumber panas, hingga saat ini. Katakan lah Pemali misalnya, Nyelanding, Keritak dan beberapa tempat lainnya. Apakah dulunya panas bumi ini ada yang  “sempat “ mengaktifkan bukit di Bangka, hingga beberapa diantaranya ada yang disebut Gunung?
Entahlah,
Sementara, kita lewatkan saja dulu. Suatu saat nanti biar pakarnya yang bicara.
Tapi setidaknya karena selama ratusan tahun hingga sekarang Mangkol selalu disebut/dituliskan dengan Gunung, maka kita ikut saja lah.


google plus Share on Whats app

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 Comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar dengan Bijak