KATEGORI BERITA:


Gurihnya Getas ( Keretek ) Makanan khas bangka


Getas, atau kadang-kadang dibunyikan dengan “getes”, adalah makanan ringan khas Bangka Belitung yang dibuat dari ikan laut seperti ikan tenggiri atau dari cumi-cumi yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung sagu khusus. Warga setempat juga menyebut Getas ini dengan nama “Kretek” yang mungkin diambil dari bunyi ketika makanan ini dikunyah atau dipatahkan.

Makanan ringan ini biasanya dibuat dalam bentuk bulat atau lenjeran kecil berwarna putih. Masyarakat Bangka Belitung selain menjadikan getas sebagai makan ringan, juga kadang-kadang dijadikan sebagai lauk karena rasanya yang renyah dan gurih seperti kerupuk atau kemplang. Kadang-kadang, getas juga dijadikan pelengkap makanan lain seperti hidangan mie, dan juga kadang-kadang dimakan dengan dicocol pada cuka empek-empek.

Getas banyak diproduksi di Pulau Bangka, khususnya di daerah Belinyu di Kabupaten Bangka dan Toboali di Kabupaten Bangka Selatan. Meskipun demikian, di kota-kota lain juga ada pengrajin getas walaupun tidak sebanyak di kedua kota tersebut. Mmakanan ini sangat mudah ditemukan di seluruh Bangka Belitung, dan selalu tersedia di toko-toko yang menjual makanan ringan khas Bangka Belitung.

Biasanya, wisatawan yang datang ke Bangka Belitung tidak lupa membeli makanan ringan ini untuk dijadikan oleh-oleh. Selain rasanya yang gurih, makanan ini juga cukup tahan lama seperti halnya kerupuk atau kemplang. Harga makanan ini bervariasi, tergantung dengan jenis bahan utama pembuatannya.

google plus Share on Whats app

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 Comments:

Post a comment

Silahkan Komentar dengan Bijak