Asosiasi Eksportir Timah Indonesia (AETI) kembali menggelar kegiatan sosial untuk masyarakat yang terimbas  covid 19, kali ini kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat menjadi sasaran aktifitas sosial tersebut.  Sebanyak 500 paket bantuan sembako di serahkan Pengurus Harian Pusat AETI kepada masyarakat di tiga desa di kecamatan Kelapa, meliputi desa mancung, desa kayu arang dan desa dendang. Kali ini panitia dibuat repot oleh permintaan para ibu rumah tangga yang berharap selain paket sembako, juga mendapat paket internet dari AETI. Hal ini disebabkan kondisi PPKM dan pembelajaran dari rumah (daring) masih terus berlanjut bagi anak-anak mereka, hal ini tentu membuat pengeluaran keluarga semakin besar ditengah kesulitan ekonomi saat ini.

“bisa gak pak selain paket sembako, kami juga dibantu paket internet buat anak sekolah”, pinta ibu Diyah saat bertemu panitia. “jangan pak, nanti dipakai buat main tik-tok sama emak nya..!”, balas ibu-ibu yang lain disambut gelak tawa diantara mereka.

Sejak pagi (sabtu 16/oktober 2021) masyarakat sudah berkumpul dilapangan desa mancung untuk menanti pembagian sembako tersebut , “kami sangat senang ada bantuan ini pak, apalagi saat kondisi ekonomi seperti saat ini”, ujar rosminawati seorang ibu rumah tangga yang berdomisili di desa mancung. Sehari-hari ibu tiga anak ini hanya mengandalkan suaminya yang bekerja sebagai buruh pemetik sawit di perusahaan perkebunan di kecamatan kelapa. “beban ekonomi semakin terasa berat akibat pandemi karena anak kami sekolah online,kami harus membeli paket internet. Kami sangat mengharapkan kalau pada masa yang akan datang AETI bisa membantu paket internet untuk anak sekolah”, lanjut nya.

Hal senada juga disampaikan ibu Farida yang berprofesi sebagai guru honorer di desa dendang, sejak covid melanda aktifitas pelajaran tatap muka ditiadakan,  dia harus kehilangan pekerjaannya akibat keputusan manajemen yang melakukan pengurangan pegawai. Dari kondisi seperti ini lah AETI merasa terpanggil untuk terus menyelenggarakan kegiatan sosial bagi masyarakat yang benar-benar memerlukan, terutama masyarakat di daerah sekitar penambangan timah.  Hal ini diungkapkan Bapak Eka Mulya Putra,SE,M.Si selaku Ketua Harian Asosaiasi Eksportir Timah Indonesia (AETI) di sela-sela kegiatan tersebut. “yang kami lakukan ini tidak banyak, hanya sebagai tanda tali asih dan ikut merasakan kesulitan ekonomi kita terakhir ini. Jangan lah dinilai bantuan ini dari nilai dan harga nya, akan tetapi nilai kebersamaan dan tautan hati diantara kita, itu lebih penting dan sangat berharga,” ujar eka saat memberikan sambutan mewakili pengurus AETI.

Pada kegiatan bansos kali ini, Asosiasi Eksportir Timah Indonesia (AETI) berhasil membagikan sebanyak 500 kupon beras untuk didistribusikan di tiga desa di kecamatan kelapa. Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain; Kepala Desa Mancung Bapak Tan Suwito, Kepala Dusun Ganjan Bapak Ariyanto, tokoh Masyarakat Desa Dendang Bapak Awaluddin serta Bapak Kawi yang mewakili kelompok nelayan desa Kayu Arang. “kami mengucapkan terimaksih kepada AETI yang telah berbagi kasih dengan masyarakat kami, semoga pada masa yang akan datang anggota AETI semakin maju dan sukses usahanya”, ujar pak Tan Suwanto dalam sambutan nya mewakili pemerintah desa Mancung. Acara penuh keakraban tersebut berakhir dengan shalat Dzuhur berjmaah dan makan siang bersama di kediaman bapak Marjam tokoh masyarakat desa mancung.

Penulis : Ramon Sanjaya ( Sanjaya Paper )
Editor  : Ebangka